Materi Ujikom SMK tahun 2014/2015
(MULTIMEDIA)
1.CD INTERAKTIF
Pengertian CD Interaktif
CD interaktif adalah program
interaktif yang dibuat untuk menyampaikan informasi penting dimana user
dapat menavigasikan program tersebut.
kenapa disebut CD karena media penyimpanannya mayoritas adalah sebuah kepingan CD. cd interaktif harus bersifat Plug and Play dan jalan secara autorun.
dari segi fungsi dan tujuannya cd interaktif dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
- CD interaktif Company Profile
- CD interaktif Pembelajaran
- CD interaktif tutorial
- CD interaktif simulasi
- CD interaktif Portofolio atau CV
- CD interaktif Katalog Product/ Product Tour
- CD interaktif Wedding / Invitation
cd interaktif biasanya dibuat
dengan program adobe flash, adobe director, dan swishmax. dan cd
interaktif mempunya extension EXE (windows Executable)
sebenarnya cd interaktif tidak harus dikemas dalam bentuk CD, karena masih banyak media storage lainya seperti USB Flash Drive, kartu memori (SDcard/MMC), atau Ditanam di dalam sebuah media seperti Handphone dsb.
2.Company Profile
Company Profile
05
Jan
Company Profile merupakan salah satu
media Public Relations yang merepresentasikan sebuah perusahaan
(organisasi). Produk Public Relations ini berisi gambaran umum
perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin-poin apa saya yang
ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan
kepentingan publik sasaran, apakah company profile dibuat untuk
konsumen, bank, pemasok, atau lembaga lain. Tujuan pembedaan tersebut
tiada lain untuk menciptakan kepuasan publik. Publik puas jika
kepentingannya terpenuhi. Salah satunya adalah kepentingan untuk
mendapatkan informasi tentang aktivitas perusahaan.
Company Profile dapat dibuat dalam bentuk cetak (printed), video profile, animasi, maupun web integrated.Fungsi Company Profile antara lain adalah sebagai berikut ini:
1. Representasi Perusahaan. Company Profile adl gambaran ttg Perusahaan.
2. Bisa digunakan utk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual-understanding.
3. Menghemat waktu transaksi.
4. Membangun identitas dan citra korporat.
Isi Company Profile bermacam-macam, disesuaikan dengan sasarannya pula. Isi Company Profile tersebut dapat seperti di bawah ini:
A. (1) Sejarah perusahaan, Profil pendiri, jajaran direksi, perkembangan perusahaan secara umum, dll; (2) Filosofis perusahaan; pandangan atau ideologi dasar perusahaan; dan (3) Budaya perusahaan; nilai-nilai kunci dan konsep bersama yg membentuk citra anggota organisasi thd organisasinya.
B. (1) Sambutan dari Pimpinan ttg segala hal yg sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan dan rencana jangka panjang; (2) Identitas perusahaan; logo, uniform, interior gedung/kantor, dll; (3) Visi, Misi, Strategi perusahaan; termasuk komitmen perusahaan utk meraih kemajuan; (4) Alamat kantor (termasuk kantor cabang, bila ada); dan (5) Gambaran SDM.
C. ( 1) Sistem Pelayanan dan Fasilitas yg disediakan; (2) Prestasi dan keunggulan Perusahaan, termasuk segala hal yg telah dilakukan perusahaan utk kepentingan masyarakat; (3) Laporan perkembangan perusahaan (annual report); (4) Deskripsi ttg produk/jasa utama yg ditawarkan; (5) Gambaran ttg pasar, lokasi pabrik, distributor, market share, grafik pertumbuhan usaha, dll; dan (6) Program pengembangan di masa mendatang.
Pedoman Pembuatan Company Profile
A. (1) Pembuatan company profile harus faktual, tidak boleh mengada-ada; (2) Karena merupakan gambaran perusahaan, company profile diusahakan mencakup segala hal sisi perusahaan berdasarkan landasan filosofisnya; dan (3) Landasan filosofis merupakan karakter dan kepribadian.
B. (1) Berilah porsi company profile utk tampilan gambar atau foto-foto; dan (2) Utk company profile dengan media audiovisual, kualitasnya terletak pada menarik/tidaknya visualisasi dan tatasuara.
Keunggulan Media Cetak Company Profile
o Terdokumentasi dan terekam. Publik bisa secara mudah membawa dan menyimpannya.
o Dapat dibaca berulang kali.
o Dapat dipadukan dengan media audiovisual company profile.
3.IKLAN LAYANAN MASAYARAKAT (ILM)
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.
Iklan layanan masyarakat (ILM) dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria iklan layanan masyarakat
Menurut dewan periklanan di Amerika Serikat yang mensponsori ILM ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan tertentu merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan.- Tidak komersil (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
- Tidak bersifat keagamaan.
- Tidak bersifat politis.
- Berwawasan nasional
- Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
- Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
- Dapat diiklankan.
- Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.
Sejarah iklan layanan masyarakat
Di dunia
- Iklan layanan masyarakat secara resmi diperkenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1942, ketika dibentuk The Advertising Council (Dewan Iklan). Pada saat itu Perang Dunia II telah mendorong terciptanya ahli-ahli komunikasi yang menggunakan bakat dan kemampuan mereka untuk memenangkan Perang Dunia II. Dewan iklan AS saat itu didirikan oleh American Association of Advertising Agency (4A), Associatin of national Advertiser (ANA), Magazine Publisers Associations (MPA), Newspaper Advertising Bureau (NAB), dan Outdoor Advertising Association (OAA).
- Setelah perang usai dan keadaan masyarakat telah berubah Dewan Iklan gencar melakukan iklan layanan masyarakat untuk memperbaiki sistem pendidikan dan promosi vaksin polio (1950), untuk mencegah bahaya polusi (1960), kampanye untuk bahaya penggunaan obat-obatan terlarang (1970-sekarang).
- Pada tahun 1989, Dewan Iklan Amerika Serikat menerima 300-400 permintaan dari berbaga pihak, organisasi nirlaba, atau pemerintah untuk mengkampanyekan masalah sosial. Dewan Iklan AS juga menerima sumbangan dari beberapa perusahaan senilai 1,9 juta dollar untuk hal ini.
Di Indonesia
- Pada tahun 1968, biro iklan Intervista menjadi biro iklan pertama yang mempelopori pembuatan ILM yang mengangkat masalah tentang pemasangan petasan yang sedang marak saat itu.
- Pada tahun 1974, Matari Ad membuat iklan yang mengangkat makna hubungan orang tua dan anak.
- Beberapa kampanye ILM yang dikenal luas di Indonesia diantaranya adalah kampanye tentang Keluarga Berencana, Aku Anak Sekolah*), Pemilu Visi Anak Bangsa.
- Pada Tahun 1970an, Iklan Matari Ad membuat ILM yang dapat dikenang sampai saat ini yaitu iklan "Renungan Bagi Orang Tua" mengangkat puisi Khalil Gibran.
- Pada tahun 2007, Laurier membuat ILM yang berisi tentang bahaya seks bebas pada usia remaja.
- Keterangan = AKU ANAK SEKOLAH (A2S) merupakan Organisasi yang dibentuk oleh Komite Pendidikan milik Pemerintah atau Swasta bertujuan untuk mengurangi Permasalahan dunia pendidikan di Indonesia.
4.DESAIN WEB
Tujuan desain web
adalah untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi
yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka
interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman Web. Seperti
unsur-unsur teks, gambar (gif, jpeg) untuk ditempatkan pada halaman
menggunakan HTML / XHTML / tag XML. Menampilkan media yang lebih
kompleks (vektor grafis, animasi, video, suara) membutuhkan plug-in
seperti Adobe Flash, QuickTime, Java run-time dan lain-lain. Plug-in
juga dimasukkan ke dalam halaman web dengan menggunakan HTML / tag
XHTML.
Perbaikan sesuai browser dengan standar W3C diminta penerimaan luas dan penggunaan XHTML / XML bersama dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk posisi dan memanipulasi unsur-unsur halaman web dan objek. Kemampuan browser untuk mengirimkan berbagai konten dan pilihan aksesibilitas kepada klien tanpa menggunakan plug-in.
Dengan spesialisasi yang tumbuh di bidang teknologi informasi ada kecenderungan kuat untuk membedakan antara desain web (web design) dan pengembangan web (web development).
Perbaikan sesuai browser dengan standar W3C diminta penerimaan luas dan penggunaan XHTML / XML bersama dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk posisi dan memanipulasi unsur-unsur halaman web dan objek. Kemampuan browser untuk mengirimkan berbagai konten dan pilihan aksesibilitas kepada klien tanpa menggunakan plug-in.
Dengan spesialisasi yang tumbuh di bidang teknologi informasi ada kecenderungan kuat untuk membedakan antara desain web (web design) dan pengembangan web (web development).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar